Pemerintahan

Wakil Bupati Touna Kunjungi Kemendes PDTT RI Koordinasi Pengelolaan Pemanfaatan Dana Desa

1
×

Wakil Bupati Touna Kunjungi Kemendes PDTT RI Koordinasi Pengelolaan Pemanfaatan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH bersama Sekretaris Daerah Touna, Dr. Sovianur Kure, SE, M.Si, Anggota DPRD Touna, Makmur Amudaiya dan Rombongan Kepala Dinas serta Camat Saat Melakukan Koordinasi Dengan Kemendes PTT RI.

JAKARTA – Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH bersama Sekretaris Daerah Touna, Dr. Sovianur Kure, SE, M.Si, Anggota DPRD Touna, Makmur Amudaiya, Kepala Dinas Pariwisata Touna, Mohammad Arsyad, SE , M.Si, Kepala Dinas Perikanan Touna, Rahmat Basri, S.Pi, M.Si dan Camat se-Kabupaten Touna melakukan kunjungan ke Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT RI, Senin (05/12/2022).

Kehadiran Wakil Bupati bersama rombongan diterima langsung oleh Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT RI, Drs, Luthfy Lathief, M. Si. di gedung Kantor Kemendes PDTT RI.

Di Kemendes PDTT RI, Wakil Bupati Ilham Lawidu melaksanakan koordinasi terkait optimalisasi pengelolaan pemanfaatan Dana Desa di Kabupaten Touna.

Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu,SH menyampaikan, bahwa pengelolaan dana desa menjadi kunci pertumbuhan ekonomi skala desa.

“Jika dana desa dikelola secara baik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban maka berbagai potensi ekonomi di desa akan tumbuh dengan baik,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati menjelaskan,  sumber pendapatan desa tidak hanya berasal dari APBN saja, tetapi juga berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD, bantuan sosial maupun Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Untuk itu, Dana Desa harus dikelola, dimanfaatkan, serta di realisasikan dengan sebaik mungkin sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di desa dan meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Nasional,” jelas Wakil Bupati.

Menurutnya, selanjutnya tugas kita yaitu bagaimana memanfaatkan potensi Desa melalui dana dan segala sumber kekayaan Desa dengan sebaik-baiknya untuk mendorong perputaran ekonomi yang bermuara pada Kesejahteraan Warga Desa.

“Saya berharap pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik,” tutupnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *