Pemerintahan

Jumpa Pers, Kakan Pertanahan Kabupaten Touna Paparkan Capaian Program Strategis Nasional

3
×

Jumpa Pers, Kakan Pertanahan Kabupaten Touna Paparkan Capaian Program Strategis Nasional

Sebarkan artikel ini
Jumpa Pers: Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Touna, Rusli M. Mau, S.SiT didampingi Kasubbag Tata Usaha Kartini dan Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Kristian Bintindjaja memaparkan capaian kinerja tahun 2022.

TOUNA – Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar jumpa pers tentang Pencapaian Program Strategis Nasional  tahun 2022, di Hotel Lawaka Kelurahan Dondo, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna, Rabu (23/11/2022).

Kepala Kantor (Kakan) Pertanahan Kabupaten Touna, Rusli M. Mau, S.SiT didampingi Kasubbag Tata Usaha Kartini dan Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Kristian Bintindjaja memaparkan capaian kinerja tahun 2022 beberapa Program Strategis Nasional.

Kakan Pertahanan Kabupaten Touna, Rusli M. Mau menyampaikan, program pertama yaitu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebagai salah satu Program Strategis Nasional yang merupakan program Presiden Jokowi yang sudah berjalan dari tahun 2017.

“PTSL ini bertujuan tahun 2025 semua bidang tanah di Indonesia termasuk di Kabupaten Touna sudah terdaftar,” ucap Rusli M. Mau.

Dikatakannya, yang dimaksud terdaftar yaitu sudah terdaftar dalam sistem ditetapkan bidang tanah tersebut sudah terdaftar masing-masing pemilik yang menguasai, kalau masyarakat mau mensertifikatkan bisa dilakukan sertifikat.

“Pada tahun ini, PTSL dengan target Peta Bidang Tanah (PBT) sejumlah 1190 bidang yang sudah kami Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) sejumlah 1900 bidang, ” katanya.

Lanjut kata Rusli, yang kedua ada Program Redistribusi Tanah Pertanian, Redistribusi Tanah Pertanian tahun 2022 di Kabupaten Touna, dari target 2090 bidang  dan realisasi invetarisasi 1919 berkas.

“Untuk target Desa berjumlah 20 Desa yaitu Toliba, Ujung Tibu, Tombiano, Tanamawau, Lemoro, Korondoda, Dataran Bugi, Uekuli, Podi, Buyuntaripa, Cempa, Tobanamawu,” lanjutnya.

Kemudian, tambah  Rusli, program ketiga yaitu Lintas Sektoral UKM dan Nelayan Tangkap tahun 2022 di Kabupaten Touna dari target 239 bidang di 6 Desa diantaranya Desa Ujung Tibu, Uekuli, Kajulangko, Bahari, Tampabatu dan Nggawia.

“Untuk program ke empat yaitu Pensertipikatan Aset Persusahan Listrik Negara (PLN) untuk mempercepat sertipikasi aset Negara Kantor Pertanahan Kabupaten Touna bersama PT. Perusahan Listrik Negara (Persero) dan telah bekerjasama menyelesaikan sertipikasi asat milik PLN sebanyak 13 bidang yang tersebar di Desa Borone, Mantangisi, Malei Tojo, Padang Tumbou dan Uebone. Saat ini, 10 bidang sudah diserahkan dan 3 bidang dalam proses berkas permohonan SK HGB Badan hukum,” tambahnya.

Selanjutnya, program kelima, kata Rusli, yaitu Konsolidasi Tanah yang merupakan kebijakan pertanahan mengenai penataan kembali penguasaan tanah serta usaha pengdaan tanah untuk kepentingan pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup atau pemeliharaan sumber daya alam, dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Saat ini kantor Pertanahan Kabupaten Touna telah melaksanakan kegiatan perencanaan objek konsolidasi tanah bersama Kantor BPN Sulteng dan Pemerintah Daerah Kabupaten Touna yang beralokasi di Desa Cempa, Kecamatan Ulubongka dengan target 200 bidang,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa kelima program tersebut pihaknya pastikan bisa menyelesaikan 100 persen berdasarkan target yang diberikan Pemerintah. Alhamdulillah setiap tahun target tersebut bisa kami selesaikan, walaupun dengan keterbatasan SDM dengan target  tersebut, namun bisa kami selesaikan.

Diakhir pertemuan, Rusli juga mengajak agar media dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pelayanan publik Kantor pertanahan Kabupaten Touna, sehingga masyarakat tahu Kantor Pertanahan Kabupaten Touna melakukan pelayanan secara terbuka dan terpercaya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *