Pemerintahan

Resmi Dibuka Kadis Dikbud Sulteng, Festival Budaya Moraa Diharapkan Magnet Peningkatan Wisatawan

1
×

Resmi Dibuka Kadis Dikbud Sulteng, Festival Budaya Moraa Diharapkan Magnet Peningkatan Wisatawan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sulteng, Yudiawati P. Winda, SKM, M.Kes Saat Membuka Festival Budaya Moraa di Lapangan Sepakbola Barati Desa Uekuli, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Sabtu (22/10/2022).

TOUNA – Festival Budaya Moraa Tahun 2022 bertema “Spirit of Malibu 2022″secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tengah (Tengah) Yudiawati P. Winda,  SKM, M.Kes mewakili Gubernur Sulteng H. Rusdi Mastura, Sabtu (22/10/2022) di Lapangan Sepakbola Barati Desa Uekuli, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna.

Festival Budaya Moraa ini merupakan kolaborasi event antara Pemerintah Daerah Kabupaten Touna dan Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Indonesiana, Balai Pelestarian Nilai Budaya dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Suluttengo serta didukung dengan beberapa kegiatan Sport Tourism dari komunitas sepeda, motor dan trail.

Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang sudah sempat menghadiri, mengikuti dan menyaksikan acara Festival Budaya Mora’a di Desa Uekuli Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna tahun 2022.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kabupaten yang telah hadir dalam memeriahkan acara ini guna meningkatkan peran serta kita dalam melestarikan budaya dan tradisi yang semakin hari semakin ditinggalkan dan harapan kami kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya,” ucap Bupati Mohammad Lahay.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Touna menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada penyelenggara khususnya kepada Kementerian pendidikan dan kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, jajaran Pemda Touna serta masyarakat yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sulteng, Yudiawati P. Winda mengawali sambutannya menyampaikan salam hangat dan permintaan maaf oleh Bapak Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur H. Makmun Amir kepada bapak dan ibu tamu undangan dan seluruh masyarakat Kabupaten Touna.

Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sulteng, Yudiawati P. Winda, SKM, M.Kes (Tengah) Bersama Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM Pada Saat Pembukaan Festival Budaya Moraa di Lapangan Sepakbola Barati Desa Uekuli, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Sabtu (22/10/2022).

“Atas nama pribadi, Pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Tengah, mengucapkan terima kasih atas perkenaan bapak Direktur Jenderal Kebudayaan RI atau yang mewakili dan menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintahan daerah Touna, serta seluruh stakeholder, sehingga Festival ini dapat terselanggara,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan festival budaya ini merupakan ajang pelestarian budaya dan keparawisataan daerah berbasis kearifan lokal seni budaya yang ada di Sulteng khususnya di kabupaten Touna.

“Disamping itu, menjadi maknet untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari dalam maupun mancanegara,” kata Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sulteng.

Menurutnya, penyelenggaraan festival seperti ini kedepannya akan dilakukan setiap kabupaten/kota se-Sulteng dengan menjadikan branding budaya dari masing-masing daerah sebagai identitas daerah.

“Festival budaya merupakan salah satu sarana komunikasi yang penting yang digunakan sebagai media pelestarian budaya,” tuturnya.

Dia berharap, festival ini tidak berhenti sampai tingkat seremonial atau hanya jadi hiburan semata, akan tetapi harus dapat berlanjut dalam mentransfer berbagai pesan-pesan moral dengan mengangkat kearifan Lokal budaya daerah serta kehidupan bermasyarakat dan juga mendorong partisipasi pembangunan di daerah.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Touna bersama Sekretaris Daerah, Bupati/Walikota se-Sulawesi Tengah atau yang mewakili, Ketua dan Anggota DPRD Sulteng, Ketua TP-PKK Sulteng, Ketua TP-PKK Touna, Ketua dan Anggota DPRD Touna, Unsur Forkopimda Sulteng, Unsur Forkopimda Kabupaten/Kota, mewakili Direktur Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi RI, Kepala Kelestarian Nilai Budaya Suluttenggo, Kepala OPD, Pejabat Pemerintah, Kepala BUMD, Para Camat, Kepala Desa se-kabupaten Touna, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan budaya serta tamu undangan lainnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *